Rabu, 10 April 2013

Perbandingan antara facebook, twitter, linkedIn dan Google Plus


 1.      Facebook
Facebook memiliki pengguna terbanyak dari situs web yang lainnya dan paling popular saat ini dengan bertengger memiliki lebih dari satu milyar pengguna, meskipun banyak kejahatan yang lahir karna facebook namun banyak juga manfaat dari facebook itu sendiri. Facebook bisa dibilang memiliki banyak fitur-fitur yang diminati oleh user di web. Pengaksesannya lebih mudah dari pada twitter dan yang lain. Lembar fakta perusahaan sejak facebook diluncurkan pada Februari 2004, sudah terkumpul 1,13 triliun "Like", 140,3 miliar koneksi teman, 219 miliar foto yang diunggah, 17 miliar posting tag lokasi (termasuk check-in), dan lebih dari 62,6 juta lagu yang dimainkan sebanyak 22 miliar kali. Facebook juga memiliki pendapatan terbesar dibanding saingan jejaring social yang lain dengan penghasilan 1,18 miliar dollar AS pada kuartal kedua tahun 2012. Facebook menjual 421.233.615 saham dengan menetapkan harga 38 dollar AS per lembar saham. Meskipun mayoritas pengguna Facebook hanya melihat seberapa banyak like dari komentar atau gambar yang mereka post-kan. Hanya sedikit dari pengguna Facebook yang benar-benar memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Sekitar 50% dari total pengguna Facebook aktif setiap harinya, sekitar 35 juta pengguna aktif selalu memberikan update setiap harinya, 20 juta lebih pengguna Facebook adalah fans dari salah satu fanspage yang ada di situs tersebut, Facebook mempunyai sekitar 1,6 juta fanspage yang aktif sampai sekarang, Sekitar 3,5 miliar konten seperti link, catatan, status dan lainnya dishare di Facebook setiap minggunya. 42,54% pengguna Facebook adalah laki-laki dan 54,03% adalah wanita. Facebook didominasi oleh pengguna berusia antara 18 sampai 24 tahun. Setiap bulannya, ada sekitar 6 miliar foto diunggah. Lebih dari 35% pengguna Facebook tidak memasang status di accountnya, 30% berstatus menikah, 25% berstatus single, dan kurang dari 10% berstatus bertunangan atau sudah menikah.

2.      Twitter
Twitter telah mempunyai lebih dari 140 juta pengguna aktif dan dalam sehari saja terdapat 340 juta tweet yang masuk dalam database Twitter. Banyak pebisnis yang mengatakan Twitter lebih menarik dibanding Facebook, karena situs jejaring sosial ini membatasi penggunanya untuk menulis lebih dari 140 karakter. Oleh karenanya, situs ini bisa dibilang situs yang efisien dalam penyampaian, langsung pada tema, dan dapat digunakan untuk mencari apa yang disuka dan tidak disuka pelanggan secara cepat. Sebanyak 54.6 persen pengguna Twitter adalah perempuan dan 45.4 persen lainnya adalah laki-laki. Sekitar 42.3 persen pemilik account Twitter berusia antara 31 sampai 49 tahun, dan sekitar 41.5 persen adalah berusia eighteen sampai twenty-nine tahun.Keunggulan Twitter dibanding dengan jejaring sosial lainnya adalah langsung tepat pada inti pembicaraan, efisien, terdapat fasilitas hashtag yang dapat mengumpulkan topik-topik yang sejenis, dan tanya jawab antara produsen dan konsumen dapat terjalin dengan cepat dan tepat.
3.      Google+
Walaupun bisa dibilang masih kalah dengan ketiga jejaring sosial di atas, namun setidaknya, Google+ telah memiliki sekitar 100 juta pengguna aktif saat ini. Pengguna Google+ menuliskan standing atau couple sebanyak kurang lebih 625 ribu setiap harinya. Dengan menambahkan tanda + sebelum nama orang-orang yang ada dalam daftar pertemanan, secara otomatis, orang tersebut dapat diajak berinteraksi berdua atau bersama-sama dengan lainnya. Hal ini sangat membantu para pebisnis untuk melakukan presentasi bisnis. Nampaknya, pengguna Google+ ini lebih didominasi oleh kaum pria saja, karena sebanyak 69.62 persen pengguna adalah laki-laki dan hanya 30.38 lainnya adalah wanita. Pengguna situs jejaring sosial ciptaan Google ini lebih eksklusif dibanding dengan Facebook. Pengguna Google+ rata-rata mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi, seperti pelajar atau mahasiswa, ahli mesin, desainer web, pengembang aplikasi atau software, dan marketing profesional.
Sama seperti Facebook, Google+ juga dapat digunakan untuk memposting semua informasi berupa tulisan, gambar atau foto, video, polling, dan melakukan tanya jawab dengan sesama pengguna Google+. Apabila Anda adalah seorang pebisnis atau seorang enterpreneur, maka Anda diharapkan dapat bijak dan selektif memilih situs jejaring sosial. Karena dengan tidak selektifnya dalam pemilihan tersebut, maka semua usaha publikasi yang Anda lakukan akan sia-sia dan membuang waktu Anda dengan percuma.
4.      LinkedIn
Situs ini sampai saat ini telah mempunyai lebih dari 150 juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Keunggulan LinkedIn adalah dapat memperlihatkan keahlian seseorang dan dapat terhubung dengan banyak orang yang mempunyai keahlian atau kemampuan yang sama. Pengguna LinkedIn dapat menciptakan Group yang digunakan sebagai tempat berdiskusi mengenai banyak hal, contohnya mengenai keunggulan dan kelemahan produk yang Anda jual. Pengguna situs ini sedikit didominasi oleh kaum pria sebanyak 51 persen dan 49 persen lainnya adalah wanita. Sekitar twenty-three persen pengguna LinkedIn berusia 35 sampai 44 tahun dan twenty-one persen di bawahnya adalah berusia 45 sampai 54 tahun. Orang-orang berusia twenty-five sampai 34 tahun menduduki tingkat ketiga dengan perolehan sebanyak twenty persen. Sedangkan 35 persen lainnya, terbagi-bagi antara pengguna berusia 18, eighteen sampai 24, 55 sampai 64, dan di atas 65 tahun.

0 komentar: