1.
Facebook
Facebook memiliki pengguna terbanyak dari
situs web yang lainnya dan paling popular saat ini dengan bertengger memiliki
lebih dari satu milyar pengguna, meskipun banyak kejahatan yang lahir karna
facebook namun banyak juga manfaat dari facebook itu sendiri. Facebook bisa
dibilang memiliki banyak fitur-fitur yang diminati oleh user di web.
Pengaksesannya lebih mudah dari pada twitter dan yang lain. Lembar fakta
perusahaan sejak facebook diluncurkan pada Februari 2004, sudah terkumpul 1,13
triliun "Like", 140,3 miliar koneksi teman, 219 miliar foto yang
diunggah, 17 miliar posting tag lokasi (termasuk check-in), dan lebih dari 62,6 juta lagu yang
dimainkan sebanyak 22 miliar kali. Facebook juga memiliki pendapatan terbesar
dibanding saingan jejaring social yang lain dengan penghasilan 1,18 miliar
dollar AS pada kuartal kedua tahun 2012. Facebook menjual 421.233.615 saham
dengan menetapkan harga 38 dollar AS per lembar saham. Meskipun mayoritas
pengguna Facebook hanya melihat seberapa banyak like dari komentar atau gambar
yang mereka post-kan. Hanya sedikit dari pengguna Facebook yang benar-benar
memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Sekitar 50% dari total pengguna Facebook
aktif setiap harinya, sekitar 35 juta pengguna aktif selalu memberikan update
setiap harinya, 20 juta lebih pengguna Facebook adalah fans dari salah satu
fanspage yang ada di situs tersebut, Facebook mempunyai sekitar 1,6 juta
fanspage yang aktif sampai sekarang, Sekitar 3,5 miliar konten seperti link,
catatan, status dan lainnya dishare di Facebook setiap minggunya. 42,54%
pengguna Facebook adalah laki-laki dan 54,03% adalah wanita. Facebook
didominasi oleh pengguna berusia antara 18 sampai 24 tahun. Setiap bulannya,
ada sekitar 6 miliar foto diunggah. Lebih dari 35% pengguna Facebook tidak memasang
status di accountnya, 30% berstatus menikah, 25% berstatus single, dan kurang
dari 10% berstatus bertunangan atau sudah menikah.
2.
Twitter
Twitter telah mempunyai lebih dari 140 juta pengguna
aktif dan dalam sehari saja terdapat 340 juta tweet yang masuk dalam database Twitter. Banyak pebisnis yang mengatakan Twitter lebih menarik dibanding Facebook, karena situs jejaring sosial ini membatasi
penggunanya untuk menulis lebih dari 140 karakter. Oleh karenanya, situs ini
bisa dibilang situs yang efisien dalam penyampaian, langsung pada tema, dan
dapat digunakan untuk mencari apa yang disuka dan tidak disuka pelanggan secara
cepat. Sebanyak 54.6 persen pengguna Twitter adalah
perempuan dan 45.4 persen lainnya adalah laki-laki. Sekitar 42.3 persen pemilik
account Twitter berusia
antara 31 sampai 49 tahun, dan sekitar 41.5 persen adalah berusia eighteen
sampai twenty-nine tahun.Keunggulan Twitter dibanding
dengan jejaring sosial lainnya adalah langsung tepat pada inti pembicaraan,
efisien, terdapat fasilitas hashtag yang dapat
mengumpulkan topik-topik yang sejenis, dan tanya jawab antara produsen dan
konsumen dapat terjalin dengan cepat dan tepat.
3.
Google+
Walaupun bisa dibilang masih kalah dengan
ketiga jejaring sosial di atas, namun setidaknya, Google+ telah memiliki sekitar 100 juta pengguna
aktif saat ini. Pengguna Google+ menuliskan
standing atau couple sebanyak kurang lebih 625 ribu setiap harinya. Dengan
menambahkan tanda + sebelum nama orang-orang yang ada dalam daftar pertemanan,
secara otomatis, orang tersebut dapat diajak berinteraksi berdua atau
bersama-sama dengan lainnya. Hal ini sangat membantu para pebisnis untuk
melakukan presentasi bisnis. Nampaknya, pengguna Google+ ini lebih didominasi oleh kaum pria saja,
karena sebanyak 69.62 persen pengguna adalah laki-laki dan hanya 30.38 lainnya
adalah wanita. Pengguna situs jejaring sosial ciptaan Google ini lebih eksklusif dibanding dengan Facebook. Pengguna Google+ rata-rata mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi, seperti
pelajar atau mahasiswa, ahli mesin, desainer web, pengembang aplikasi atau software, dan marketing
profesional.
Sama seperti Facebook, Google+ juga dapat
digunakan untuk memposting semua informasi berupa tulisan, gambar atau
foto, video, polling, dan melakukan tanya jawab dengan sesama
pengguna Google+. Apabila Anda adalah seorang pebisnis atau
seorang enterpreneur, maka Anda diharapkan dapat bijak dan
selektif memilih situs jejaring sosial. Karena dengan tidak selektifnya dalam
pemilihan tersebut, maka semua usaha publikasi yang Anda lakukan akan sia-sia
dan membuang waktu Anda dengan percuma.
4.
LinkedIn
Situs ini sampai saat ini telah mempunyai
lebih dari 150 juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Keunggulan LinkedIn adalah dapat memperlihatkan keahlian
seseorang dan dapat terhubung dengan banyak orang yang mempunyai keahlian atau
kemampuan yang sama. Pengguna LinkedIn dapat
menciptakan Group yang digunakan sebagai tempat berdiskusi
mengenai banyak hal, contohnya mengenai keunggulan dan kelemahan produk yang
Anda jual. Pengguna situs ini sedikit didominasi oleh kaum pria sebanyak 51
persen dan 49 persen lainnya adalah wanita. Sekitar twenty-three persen
pengguna LinkedIn berusia 35 sampai 44 tahun dan twenty-one
persen di bawahnya adalah berusia 45 sampai 54 tahun. Orang-orang berusia
twenty-five sampai 34 tahun menduduki tingkat ketiga dengan perolehan sebanyak
twenty persen. Sedangkan 35 persen lainnya, terbagi-bagi antara pengguna
berusia 18, eighteen sampai 24, 55 sampai 64, dan di atas 65 tahun.
0 komentar:
Posting Komentar