Jumat, 12 Juli 2013

Pestisida Mengancam Planet Bumi

Forumhijau.com - Dalam artikel yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the US Academy of Sciences (PNAS), sebuah penelitian yang dilakukan di 50 daerah aliran sunga di Jerman, Perancis, dan Australia para ahli menemukan bahwa penggunaan pestisida‬ bisa membunuh setengah keragaman hayati ‪‎invertebrata‬ di dunia.

Lebih lanjut artikel ini menjelaskan “Penggunaan pestisida tidak berkurang dalam satu dekade terakhir dan ini justru diperkirakan meningkat dalam dekade mendatang terkait perubahan iklim‬ yang semakin meningkat dan hal ini bisa menjadi salah satu pendorong utama musnahnya keragaman hayati di masa mendatang,”

Kontaminasi pestisida memberikan dampak paling utama kepada capung‬, stonefly (Lalat batu), caddisfly (serangga kadis) dan mayfly (Lalat Mei). Serangga-serangga itu tidak musnah secara bersamaan namun kemunculannya semakin jarang. Sementara itu sebagian lain serangga‬ yang tidak dikenal secara umum, yang juga memainkan peran penting dalam rantai makanan bagi burung dan ikan, juga berkurang.

0 komentar: