Senin, 03 Juni 2013

Contoh gradasi profesi di Australia

oleh: Putu Laxman Pendit, Ph.D.

Librarian grade 1

1.      Penyedia jasa profesional; membantu pengembangan jasa dan sistem. Boleh ikut serta dalam proyek pengembangan jasa.
2.      Lulusan sekolah perpustakaan, memahami konsep dasar tentang informasi dan perpustakaan.
3.      Mengambil keputusan yang berkaitan dengan penerapan tugas operasional maupun konseptual sesuai pertimbangan standar, praktik, dan prosedur. Jika sudah berpengalaman, dapat pula menggunakan pertimbangan pengalaman dan konteks komunitas yang dilayani. 
4.      Secara umum bekerja di bawah bimbingan pustakawan senior, baik secara individu, maupun sebagai bagian dari tim.
5.      Hasil kerja pada umumnya bersifat jangka pendek atau menengah; dapat pula membantu dalam pengembangan prosedur atau kebijakan. 

Librarian grade 2

1.      Penyedia jasa yang kompleks dan spesifik; dapat memimpin proyek, unit, dan atau jasa tertentu.
2.      Sama dengan grade 1.
3.      Sama dengan grade 1.
4.      Sama dengan grade 1.
5.      Hasil kerja pada umumnya bersifat jangka panjang; dapat pula membantu dalam pengembangan prosedur atau kebijakan. Melakukan penelitian tentang pekerjaannya. 
  
Librarian grade 3

1.      Sama dengan grade 2.
2.      Sama dengan grade 2 ditambah dengan bukti penguasaan yang tinggi tentang sistem, koleksi, jasa, dan subjek spesifik. Memiliki kemampuan manajerial atau punya otoritas di bidang yang ditanganinya.
3.      Mengambil keputusan dan inisiatif yang berkaitan dengan masalah operasional maupun konseptual yang komples, dan yang mungkin berkaitan dengan institusi lain. Diharapkan mampu mengembangkan dan menerapkan penyempurnaan sistem maupun prosedur.
4.      Sama dengan grade 1 dan 2.
5.      Sama dengan grade 2.

Librarian grade 4

1.      Memimpin dan mengelola jasa, proyek, program organisasinya; memberi masukan yang otoritatif dan spesifik ke pimpinan, ke organisasi, maupun ke institusi luar yang terkait. Berinisiatif dan memimpin pelaksanaan proyek-proyek khusus.
2.      Sama dengan grade 3.  
3.      Sama dengan grade 3.
4.      Dapat bekerja secara mandiri, atau bersama dengan pimpinan.
5.      Sama dengan grade 3, ditambah dengan kemampuan memberikan kontribusi terhadap kebijakan, baik yang berkaitan dengan jasa, aspek legal, di tingkat negara bagian maupun di tingkat nasional. 



Librarian grade 5

1.      Memimpin dan mengendalikan perpustakaan.
2.      Lulusan sekolah perpustakaan yang memiliki pemahaman sangat lengkap dan tinggi tentang konsep, pondasi, maupun teori yang menyangkut perpustakaan. Ditambah dengan kemampuan manajerial yang tinggi berdasarkan pengalaman dan keterlibatan dalam semua jenis operasi dan unit perpustakaan, serta memiliki otoritas di bidangnya dan di kalangan pustakawan.
3.      Menjalankan penilaian manajerial penting dan strategis, mampu secara independen merancang dan menerapkan rencana kerja menyangkut strategi, pendekatan baru, dan pengembangan lainnya.
4.      Bekerja sebagai pemimpin sesuai misi dan visi organisasi.
5.      Pekerjaan dan keputusannya memiliki dampak strategis dan sangat memengaruhi kinerja organisasinya. Karyanya diakui di kalangan pustakawan dan mampu memberi kontribusi terhadap kebijakan, baik yang berkaitan dengan jasa, aspek legal, di tingkat negara bagian maupun di tingkat nasional. 


Library technician grade 1

1.      Melaksanakan dan/atau membantu koordinasi kegiatan yang diperlukan dalam rangka operasi dan pelaksanaan jasa dan sistem perpustakaan.
2.      Memiliki latarbelakang pendidikan yang cukup untuk mengembangkan keterampilan menjalankan butir 1 di atas.
3.      Dapat mengambil keputusan dalam menghadapi persoalan teknis dengan merujuk pada standar dan praktik yang sudah ditetapkan.
4.      Bekerja di bawah pengawasan teknisi senior atau di bawah pustakawan yang mengelola unit khusus.
5.      Hasil kerja pada umumnya bersifat jangka pendek dan menengah. Dapat membantu dalam pengembangan prosedur dan kebijakan.

Library technician grade 2

1.      Sama dengan grade 1, tetapi dapat juga bertanggungjawab mengelola suatu kegiatan atau proyek khusus di satu unit atau di dalam tim tertentu.
2.      Sama dengan grade 2.
3.      Mengambil keputusan yang berkaitan dengan penerapan tugas operasional maupun konseptual sesuai pertimbangan standar, praktik, dan prosedur. Jika sudah berpengalaman; serupa dengan Librarian grade 1.
4.      Bekerja di bawah pengawasan minimum.
5.      Sama dengan Librarian grade 1


Library assistants

1.      Melaksanakan kegiatan rutin agar terus dapat meningkatkan kertampilannya dalam menjalan sebuah sistem dan/atau melayani pengguna.
2.      Memiliki latar belakang pengetahuan teknis perpustakaan; dapat juga didukung oleh pengalaman kerja/magang di perpustakaan.
3.      Bekerja di bawah pengawasan teknisi senior atau pustakawan.
4.      Hasil kerja biasanya bersifat langsung dan jangka pendek. 



[1] Makalah ini pernah dibawakan untuk Lokakarya Pustakawan Swasta se-Jabodetabek, Jakarta 14-15 Januari 2008. Penambahan yang signifikan disajikan dalam bentuk dua lampiran di akhir makalah.
[2] Pengamat dan peneliti independen dalam masalah Kepustakawanan Indonesia.
[3] Diadaptasi dari penjelasan the Association of Professional Engineer, Geologist and Geophysicist of Aleberta - www.apegga.com sebagaimana ketika diakses 10 September 2001.

0 komentar: