Jumat, 12 Juli 2013

Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Saat pagi-pagi memang paling enak mandi dengan air hangat. Tapi, jangan salah mandi dengan air dingin sebenarnya memiliki banyak khasiat, bahkan disaat cuaca dingin. Penelitian menunjukan bahwa suhu dingin dapat membantu tubuh tetap sehat. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mandi air dingin. Diantaranya adalah:

1. Menghambat bakteri dan kuman penyakit
Jika terkena cuaca dingin lalu langsung terjun ke air dingin, akibatnya bisa terkena serangan dingin yang mematikan dalam waktu 3-5 menit. Akibatnya fatal, bisa memicu kekacauan jantung. Tapi jika dipagi hari yang biasa, mandi air dingin membantu menjaga system kekebalan tubuh. Teorinya ketika tubuh mencoba menghangatkan diri selama dan setelah mandi, tingkat metabolismnya akan dipercepat sehingga system kekebalan tubuh menjadi aktif. Jadi, tubuh akan lebih banyak melepaskan sel darah putih yang penting untuk melawan kuman penyakit.

2. Mengusir nyeri
Di Cina ada pengobatan mirip akupuntur yang menggunakan es. Es diletakan pada titik penting di tubuh. Walaupun bukti medisnya kurang jelas, teknik ini dapat mengurangi rasa sakit.

3. Untuk ibu melahirkan
Ibu yang akan melahirkan dapat mengurangi rasa sakitnya dengan terapi pemijatan es. Tahun 1880-an seorang naturopati asal Jerman bernama Louis Kuhne menciptakan metode mandi dingin. Pinggul si ibu hamil terendam air dengan kaki diangkat agar tidak terendam. Metode ini disebut membantu meringankan berbagai penyakit, terutama gangguan anus dan rektrum, termasuk rasa nyeri setelah melahirkan.

4. Meringankan cidera
Para ahli fisioterapi telah lama mengetahui efek penyembuhan menggunakan es. Biasanya cedera ditangani dengan segera menempelkan es ke daerah yang terluka selama 10-30 menit. Es dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan secara signifikan.

5. Untuk migraine
Air Es juga bisa membantu orang yang menderita migraine. Penelitian menunjukan bahwa mengompres air dingin dikepala dapat mengurangi rasa nyerinya. Migraine terjadi karena penyempitan dan pelebaran pembuluh darah secara tiba-tiba, sehingga darah akan mengalir berlebihan. Manfaat air dingin atau es di sini adalah membantu menyempitkan pembuluh darah yang memasok otak.

0 komentar: